Leung, Anggita Widyasari (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KARTU VARIABEL DAN KARTU BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DIKELAS VII MTS AL-ISHLAHIYAH BINJAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga berupa kartu variabel dan kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Sistem persamaan Linier Satu Variabel dikelas VII MTs Al- Ishlahiyah Binjai tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan siswa kelas VII2, yang masing-masing berjumlah 36 orang. Instrumen
penelitian berupa tes awal (pre tes) dan tes akhir (post tes), yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan alat peraga berupa kartu variabel dan kartu bilangan pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Berdasarkan hasil
analisis data hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil tes akhir siswa dengan rata-rata 75,28%, ketuntasan klasikal 91,67 %, dan ketuntasan TP 80%. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang linier terhadap hasil belajar matematika siswa pada penggunaan alat peraga berupa kartu varibel dan kartu bilangan dengan persamaan regresi = 58,87 + 0,63x, yang dinyatakan dengan koefisien
korelasi 1,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signitifikan antara penggunaan alat peraga kartu variabel dan kartu bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa, sehinga hipotesis diterima.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Kartu variabel; Kartu bilangan; Persamaan linier; Alat peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 07:39 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26408 |