Sari, Mahdalena Elma and Anggriana, Leli and Prasetya, Indra (2017) PENGARUH PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BANDAR T.P. 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan Sistem Persamaan
Linier Dua Variabel.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan berupa tes dengan uji validitas dan reabilitas yang terdiri dari 10 item soal yang berupa uraian bebas. Hasil penelitian menunjukkan Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dikelas VII SMP Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah sebesar 81,3 hal ini berarti tergolong dalam kategori cukup dan standart deviasinya sebesar 10,45.\
Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif model TGT terhadap hasil belajar matematika Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah sebesar 70%. Hasil hipotesis diperoleh thitung5,143taraf nyata = 5% dan = 1,70113 atau 5,143 >1,70113. Hal ini berarti hipotesis penelitian diterima atau dengan kata lain ada pengaruh yang positif dan signifikasi dari pengaruh pembelajaran kooperatif TGT terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Matematika; Hasil belajar; Teams games tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 07:30 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26406 |