ANALISIS KEEFEKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI TEKNIK SCAFFOLDING PADA SISWA SMP NUR HASANAH T.P. 2013/2014

Wulandari, Sri and Qibtiyah, Mariyatul and Irvan (2017) ANALISIS KEEFEKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI TEKNIK SCAFFOLDING PADA SISWA SMP NUR HASANAH T.P. 2013/2014. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses belajar matematika yang ditinjaudari ketuntasan belajar, aktivitas siswa, dan kemampuan mengajar guru melalui teknik Scaffolding pada materi kubus dan balok dan untuk mengetahui berapa persen keefektifan proses belajar matematika melalui teknik Scaffolding pada materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Nur Hasanah Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data keefektifan belajar siswa menggunakan tes, ketuntasan belajar, dan kemampuan guru mengajar menggunakan observasi. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik Scaffolding menunjukkan kriteria klasifikasi sebesar 79% yang berarti bahwa teknik Scaffolding efektif pada siswa kelas VIII SMP Nur Hasanah Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Scaffolding; Matematika; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:25
Last Modified: 14 Sep 2017 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26405

Actions (login required)

View Item
View Item