Samosir, Lenni and Saragih, Riski Fitriani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik di SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Imelda Medan yang berjumlah 4 kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Imelda Medan kelas VIII A. Instrumen penelitian ini berupa soal tes uraian. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dari data pre-tes dan posttes. Skor dianalisis dengan menggunakan uji t. Pada pretest nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas adalah 38,74 sedangkan pada posttest nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas adalah 70,69, ini berarti terdapat peningkatan sebesar 31,95. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada saat pretest yaitu sebesar 6,9 % sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal pada saat posttest yaitu sebesar 51,72 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik di SMP Swasta Imelda Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pemecahan masalah; Matematika realistik; Kemampuan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 03:30 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26403 |