PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMK PAB TI HELVETIA T.P 2015/2016

Yanti, Marlinda and Hidayati, Sri and Panggabean, Elis Mardiana (2017) PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMK PAB TI HELVETIA T.P 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kemampuan berkomunikasi matematika siswa dengan lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan menerapkan metode konvensional pada sub bahasan Peluang pada siswa SMK PAB TI Helvetia Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian quasi eksperimen. Pada penelitian ini ada dua kelas sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMK PAB TI Helvetia Medan yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 57 orang siswa dengan pengambilan sampel secara acak dengan cara undian, kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas X MM2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MM1 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest postest design. Dalam desain ini, sebelum
perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel diberi pretest dan diakhir pembelajaran sampel diberi postest. Hasil penelitian yaitu dari perhitungan dengan menggunakan uji beda rata-rata yaitu uji t, dengan menggunakan data yang diperoleh, yaitu hasil tes belajar matematika kelompok eksperimen ( ) sebesar 74,642 dengan varians ( ) sebesar 70,238. Dan kelompok kontrol diperoleh ( ) sebesar 65,862 dengan varians ( ) sebesar 128,694. Setelah itu dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji t, maka diperoleh thitung = 44,997. Dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 44,997 ≥ 2,048, ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dari nilai rata-rata kemampuan berkomunikasi siswa SMK PAB TI Helvetia Medan dengan model pembelajaran Inside Outside Circle lebih baik dari rata-rata kemampuan berkomunikasi siswa
yang menggunakan model Konvensional artinya ada pengaruh pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kemampuan berkomunikasi siswa SMK PAB TI Helvetia Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Komunikasi matematik; Inside outside circle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2017 09:30
Last Modified: 12 Sep 2017 09:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26375

Actions (login required)

View Item
View Item