Nasution, Khairun Nisak and Readora, Putri (2017) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada pembelajaran langsung (Direct Instruction) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan menggunakan rancangan penelitian Postest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 9 kelas, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang masing-masing berjumlah 39 dan 34 orang. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung.
Pengumpulan data diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematik yang berbentuk soal essai pada materi pokok kubus dan balok yang kemuadian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian data pada taraf signifikan, disimpulkan bahwa rata-rata skor kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Artinya, model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran langsung; Pembelajaran kooperatif; Komunikasi matematika; Think talk write; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26374 |