Sari, Novita and Novita, Fika (2017) ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK SWASTA BANDUNG – 2 PERCUT SEI TUAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah pembelajaran menggunakan model Problem Posing efektif pada siswa kelas X SMK Swasta Bandung – 2 Percut Sei Tuan yang ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru dalam mengolah pelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-TKR yang terdiri dari 37 orang. Instrument penelitian berupa soal
tes, lembar observasi untuk aktivitas siswa dan kemampuan guru, serta angket untuk respon siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata - rata nilai pertama dan kedua berturut-turut adalah 67,70 dan 81,62. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tes pertama sebesar 40,54% dan pada tes kedua diperoleh hasil sebesar 89,19%. Analisis hasil persentase untuk kemampuan guru dengan model Problem Posing yang pertama sebesar 67,71% dan hasil observasi yang kedua sebesar 82,29%. Untuk hasil analisis perhitungan persentase aktivitas siswa dalam belajar pada observasi pertama diperoleh sebesar 51,16% dan pada hasil perhitungan observasi yang kedua sebesar 75,87%. Untuk hasil analisis perhitungan respon siswa dalam belajar dengan model Problem Posing yaitu sebesar 82,03%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Posing efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas XI TKR SMK Swasta Bandung – 2
Percut Sei Tuan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Program linear; Problem posing; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:14 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26373 |