Riadi (2017) PENGARUH STRATEGI EKSPOSITORI BERBASIS PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA ANGKASA 1 MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) penggunaan pembelajaran pada materi persamaan kuadrat, 2) penggunaan strategi ekspositori berbasis peta pikiran (Mind Map) pada materi persamaan kuadrat, 3) ada atau tidaknya pengaruh strategi ekspositori berbasis peta pikiran (Mind Map) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan kuadrat.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 3 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel berjumlah 2 kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre-tes dan pos-tes.
Dalam penelitian ini, peneliti berhasil memperoleh untuk uji normalitas dengan harga Lhitung = 0,0951dan untuk kelas kontrol didapat harga Lhitung = 0,0861, kemudian untuk harga Ltabel kedua kelompok adalah 0,1401, yang berarti populasi berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas nilai pre-tes diperoleh Fhitung = 1,355 dan nilai pos-tes diperoleh Fhitung = 1,009, sedangkan untuk Ftabel = 1,705, yang berarti kedua sampel homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis t didapat harga Thitung = 2,855 dan ttabel = 1,665. Yang berarti Thitung > ttabel yaitu 2,855 > 1,665, untuk uji ANAVA Satu Jalur (One Way
ANAVA) diperoleh Fhitung = 4,106 dan Ftabel = 3,9744 berarti Fhitung > Ftabel atau 4,106 > 3,9744 sekaligus menyatakan terima Ha. Dengan perkataan lain, data menunjukkan bahwa penggunaan strategi ekspositori berbasis peta pikiran (Mind Map) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan kuadrat di SMA Angkasa Lanud Soewondo.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Strategi ekspositori; Peta pikiran; Hasil belajar; Matematika; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 08:59 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26371 |