Sinambela, Romauli (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4133111049 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2 NIM. 4133111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
3 NIM. 4133111049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4 NIM. 4133111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5 NIM. 4133111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6 NIM. 4133111049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7 NIM. 4133111049 TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8 NIM. 4133111049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9 NIM. 4133111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13 NIM. 4133111049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14 NIM. 4133111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan perangkat yang dikembangkan, (3) menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-H pada Uji Coba I dan siswa kelas VII-F pada Uji Coba II di SMP Negeri 6 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemahaman konsep, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu pada uji coba I sebesar 88,57% dan pada uji coba II sebesar 91,18%, b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba I dan uji coba II, c) respon siswa terhadap pembelajaran positif pada uji coba I sebanyak 48,6% siswa merespon dengan kategori sangat baik dan sebanyak 51,4% siswa merespon dengan kategori baik dan pada uji coba II sebanyak 47,05% siswa merespon dengan kategori sangat baik dan sebanyak 52,95% merespon dengan kategori baik, dan d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan uji coba II; (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep pada uji coba I sebesar 81,6 meningkat sebesar 4,25 menjadi 85,85 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 88,57% meningkat sebesar 2,61% menjadi 91,18% pada uji coba II; dan (3) karakteristik perangkat pembelajaran berupa LKS yang efektif antara lain: a) memuat masalah kontekstual yang responsif terhadap budaya anak, b) tidak menggunakan kalimat panjang, c) memuat gambar, dan d) jawaban permasalahan pada LKS tidak harus tunggal. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang dikembangkan adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 077 |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pendekatan Matematika Realistik; Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26360 |