Nadeak, Nova Delima (2017) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM IPA DI KELAS VII SMP PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131043 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4133131043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
3. NIM. 4133131043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4133131043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM. 4133131043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 4133131043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4133131043 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4133131043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 4133131043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4133131043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum yang standar untuk siswa kelas VII SMP/MTs semester I pada materi pemisahan campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum IPA SMP yang beredar disekolah, seluruh guru IPA di SMP Negeri 6 Medan, seluruh dosen kimia di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Medan. Sampel penelitian diambil secara sampling random sederhana. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research). Langkah penelitian meliputi : a) Analisis penuntun praktikum yang dipergunakan dikelas VII semester I : b) Pengembangan penuntun praktikum untuk materi pemisahan campuran; c) Validasi penuntun praktikum oleh dosen, guru dan siswa; d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum dalam pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan untuk siswa kelas VII SMP semester I pada materi IPA pemisahan campuran telah layak/ standar sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum untuk materi IPA pemisahan campuran terdiri dari percobaan Menerapkan Metode Pemisahan Filtrasi dalam Kehidupan Sehari-hari, Pemisahan Warna pada Tinta Spidol Menggunakan Metode Kromatografi, dan Menerapkan Metode Pemisahan Sublimasi pada Kapur Barus. Standarisasi penuntun praktikum yang dilakukan oleh guru dan dosen memberikan respon yang positif terhadap penuntun praktikum yang telah dikembangkan yang terdiri dari 3 komponen yaitu kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian dengan nilai rata-rata dari dosen sebesar 3,56 adalah valid dan tidak perlu direvisi dan nilai rata-rata dari guru sebesar 3,47 adalah valid dan tidak perlu direvisi. Uji coba dilakukan pada ketiga percobaan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa implementasi penuntun praktikum yang telah dikembangkan pada siswa di SMP Negeri 6 Medan pada percobaan pemisahan campuran sangat tinggi yakni dengan nilai pretest sebesar 36,7 sedangkan untuk postest sebesar 81,3. Sedangkan untuk rata-rata persen (%) efektivitas penggunaan penuntun praktikum IPA di SMP Negeri 6 Medan yaitu 70,24%. Hal ini menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran IPA di SMP/MTs.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 068 |
Keywords: | Pengembangan; Penuntun Praktikum; IPA; SMP; Efektivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26357 |