Buaton, Martogi (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 5122122010 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2 Nim 5122122010 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3 Nim 5122122010 Abstract.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4 Nim 5122122010 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5 Nim 5122122010 Table of Content.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6 Nim 5122122010 Table.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7 Nim 5122122010 Appendices.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8 Nim 5122122010 Chapter I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
12 Nim 5122122010 Chapter V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13 Nim 5122122010 References.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur pada siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrument angket model Likert dan dokumentasi. Jumlah populasi 126 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 56 siswa, cara pengambilan sampel dengan teknik Proportional Stratified random Sampling. Uji validitas instrument menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach, Korelasi Parsial dan Korelasi Ganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Dari hasil analisis pada N = 56 taraf signifikan 5 % diperoleh rtabel = 0,263 hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,845 dan rparsial = 0,787, hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pengunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,659 dan rparsial = 0,499, hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,886. Dengan demikian maka variabel motivasi belajar, kecerdasan emosional dan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan ynag positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur pada siswa kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 021 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Penggunaan; Pemeliharaan Alat Ukur |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 14:53 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26349 |