Afdya, Liza Triyori (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI FAKTOR INTERNAL SISWA KELAS X IIS MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341006 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4133341006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM 4133341006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM 4133341006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 4133341006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 4133341006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 4133341006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4133341006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4133341006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM 4133341006 BAB I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 4133341006 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
15. NIM 4133341006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X IIS MAN Lubuk Pakam dalam mempelajari biologi serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas X IIS MAN Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IIS MAN Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas dengan total siswa sebanyak 63 orang. Penelitian ini menggunakan sampel total. Alat yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian adalah angket yang bersifat tertutup dengan jumlah angket sebanyak 35 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal adalah sebagai berikut: indikator kesehatan sebesar 72,78% disebabkan karena siswa sering mengantuk di kelas ketika pelajaran biologi tengah berlangsung, indikator intelegensi sebesar 63,09% disebabkan karena kurangnya antusias dalam menjawab pertanyaan dari guru, indikator bakat sebesar 62,76% disebabkan karena sulitnya siswa menjawab pertanyaan guru dengan benar, indikator sikap sebesar 77,22% disebabkan karena siswa mengganggu teman ketika belajar biologi, indikator motivasi sebesar 66,25% disebabkan oleh kurangnya pujian dari guru atas siswa yang menjawab pertanyaan yang diberikan dan indikator minat sebesar 57,45% disebabkan oleh kurangnya siswa untuk mengulang kembali pelajaran biologi yang tidak dimengerti di rumah, sehingga dapat disimpulkan faktor internal kesulitan belajar di kelas X IIS MAN Lubuk Pakam termasuk kedalam kategori cukup menghambat proses pembelajaran biologi dengan persentase 66,59%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 090 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Faktor Internal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 12:03 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26345 |