Rangkuti, Sheila Septriyanti (2017) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA DI MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341016 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 4133341016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
3. NIM 4133341016 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM 4133341016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM 4133341016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
6. NIM 4133341016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM 4133341016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4133341016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4133341016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM 4133341016 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
14. NIM 4133341016 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM 4133341016 DAFFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran pada materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA di MAN 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA sebanyak empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif. Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran pada materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA di MAN 1 Medan, dilakukan pembagian angket kepada siswa, dan diikuti penilaian lembar pengamatan penggunaan media pembelajaran oleh dua orang observer. Dari pengisian angket, diketahui penilaian penggunaan media pembelajaran pada materi sistem ekskresi tergolong tinggi dengan persentase jumlah siswa sebesar 51,55% (100 dari 194 siswa). Hal ini didukung dengan hasil penilaian oleh observer yaitu sebesar 89% dan tergolong sangat tinggi. Untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa, menggunakaninstrumen dokumentasi dan diperoleh nilai yang sangat tinggi dengan persentase jumlah siswa sebesar 42,78% (83 dari 194 siswa). Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearsondiperoleh sebesar 0,15 sedangkan rtabel sebesar 0,14, sehingga rhitung > rtabel maka terdapat hubungan signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Nilai ini tergolong interpretasi rendah dengan nilai kontribusi sebesar 2,25%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 093 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Hasil Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 12:02 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26339 |