Peranginangin, Siska Apulina and Sidabariba, Linda (2017) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Negeri 4 Pancurbatu dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada lingkaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dengan jumlah 31 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran dengan penerapan PBL. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Cara pengambilan data melalui tes. Tes yang diberikan merupakan tes yang berbentuk uraian yang dilakukan sebanyak dua kali. Masing-masing tes terdiri dari 5 butir soal. Tes Kemampuan Pemecahan Masalah I diberikan pada akhir siklus I dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah II diberikan pada akhir siklus II. Hasil analisis setelah diberikan tindakan pada siklus I yaitu, pada tes kemampuan pemecahan masalah I terdapat 22 orang siswa (70,96%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar (memperoleh nilai 65 ke atas), dengan nilai rata-rata 64,31. Adapun kesulitan yang dialami siswa adalah: 1) Siswa kesulitan untuk menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya; 2) Siswa kurang memahami hubungan diameter dengan jari-jari ; 3) Beberapa Siswa kurang mampu menterjemahkan soal ke dalam model matematika. Hasil analisis setelah diberikan tindakan pada siklus II pada tes kemampuan pemecahan masalah II, terdapat 28 siswa (90,32%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (memperoleh nilai 65 ke atas), dengan nilai rata-rata 74,32. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari 64,31 pada siklus I menjadi 74,32 pada siklus II yaitu sebesar 10,01%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Pemecahan masalah; Lingkaran; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 03:38 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26303 |