UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Siregar, Ana Febrianti and Aristantiya, Nissa (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARMATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi lingkaran, (2) respon belajar matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi lingkaran, (3) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 MTs Al-WashliyahTembung, sebanyak 43 siswa.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, lembar wawancara, dan tes. Tes dilakukan sebanyak tiga kali yaitu tes awal, tes hasil belajar I, dan tes hasil belajar II. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan: (1) hasil belajar matematika sebelum diberi tindakan yaitu siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 11 siswa (25,58%), dan 32 siswa (74,42%) belum mencapai ketuntasan belajar. (2) setelah diberi tindakan pada siklus I diperoleh siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa (53,49%) dan 20 siswa (46,51%) belum mencapai ketuntasan belajar. (3) pada siklus II diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 38 siswa (88,37%) dan 5 siswa (11,63%) belum mencapai ketuntasan belajar, sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 34,88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dikelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Think pair share; Hasil belajar; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:27
Last Modified: 12 Sep 2017 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26301

Actions (login required)

View Item
View Item