Fadhilha, T. Zahra (2017) PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA CINTA BUDAYA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341071 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 7133341071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 7133341071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 7133341071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. NIM. 7133341071TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
6. NIM. 7133341071TABLES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. NIM. 7133341071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 7133341071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM. 7133341071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 7133341071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 7133341071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh komunikasi orangtua terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) pengaruh motivasi orangtua terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) pengaruh komunikasi dan motivasi orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Cinta Budaya Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunkan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 20.00. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 20,045 + 0,384 X1 + 0,354 X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 7,875 dengan taraf signifikan 0,000 <0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung=5,161 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 95,099 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji determinasi dari R2 adalah sebesar 0,837. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan komunikasi orangtua terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi orangtua terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi dan motivasi orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Cinta Budaya Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 067 |
Keywords: | Komunikasi orangtua; Motivasi orangtua; Prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:37 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26284 |