Harahap, Khairani Ulya (2017) HUBUNGAN FAKTOR EKSTERNAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IIS MAN TANJUNGBALAI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3131131012 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 3131131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. 3131131012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. 3131131012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. 3131131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. 3131131012 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 3131131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 3131131012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 3131131012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. 3131131012 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15. 3131131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara faktor eksternal dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS MAN Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan pada tahun 2017 di MAN Tanjungbalai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS MAN Tanjungbalai yang mengalami faktor ekternal belajar sebanyak 49 siswa dan dijadikan sebagai sampel penelitian (total sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar dengan menggunakan rumus uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan koefisien korelasi Product Moment. Kemudian hasil tersebut diuji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Ada hubungan yang positif dan signifikan antara faktor eksternal dengan hasil belajar siswa kelas XI IIS MAN Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan nilai rxy = 0,40 > dari nilai rtabel = 0,284 dan nilai thitung = 3,010 > ttabel = 2,011. Ini juga dipengaruhi dari perhitungan uji normalitas dengan perolehan angket Lo = 0,06917 < Lt = 0,12657. Dan uji normalitas hasil belajar dengan perolehan Lo = 0,0361 < Lt = 0,12657. Sedangkan uji homogenitas yang diperoleh yaitu Fhitung = 1,16 < Ftabel = 1,64. Dengan demikian, berdasarkan perhitungan tersebut hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 057 |
Keywords: | Hakekat belajar; Hasil belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 09:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26277 |