Silalahi, Berton B. (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS KELAS XI SEMESTER II SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4133121003 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
02. NIM 4133121003 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
03. NIM 4133121003 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04. NIM 4133121003 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
05. NIM 4133121003 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
06. NIM 4133121003 LIST OF FIGURES_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
07. NIM 4133121003 LIST OF TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
08. NIM 4133121003 LIST OF APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
09. NIM 4133121003 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM 4133121003 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 4133121003 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas Kelas XI Semester II SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing – masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk uraian dengan jumlah 8 soal yang sudah divalidasi oleh validator dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh dua observer. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t). Data penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,54 dan nilai rata-rata kelas kontrol 36,26, hasil uji t diperoleh thitung = 0,1474 dan ttabel = 1,997 karena thitung < ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 77,7 dan kelas kontrol 66,2. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,426 dan ttabel = 1,668 karena thitung > ttabel maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation pada materi pokok Teori Kinetik Gas Kelas XI Semester II SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 157 |
Keywords: | Kooperatif tipe group investigation; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:07 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26268 |