Rahmi, Mawaddah (2017) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS IX SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331075 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 4133331075 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 4133331075 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4133331075 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 4133331075 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
6. NIM. 4133331075 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4133331075 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4133331075 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM. 4133331075 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
13. NIM. 4133331075 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 4133331075 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis pedagogical content knowledge (PCK) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MAN 1 Stabat pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Stabat yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 dari 2 kelas yaitu XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang sudah valid. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis pedagogical content knowledge (PCK) dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postest adalah 84,5. Sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol adalah 70,5. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 5,470 dan ttabel = 1,645, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Penilaian aktivitas siswa pada kelas eksperimen mendapat rata-rata sebesar 71,481dan kelas kontrol 62,962. Hasil ujia t dua pihak diperoleh thitung = 3,101 dan ttabel = 1,645, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis pedagogical content knowledge (PCK) terhadap hasil belajar kimia dan aktivitas siswa pada materi koloid kelas XI MAN 1 Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 062 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Pedagogical Content Knowledge (PCK); Hasil Belajar; Aktvitas Siswa; Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 17:07 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26264 |