Nurdalilah (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui metode tutor sebaya pada siswa SMA Negeri 1 Kualuh Selatan kelas X. Serta untuk mengetahui seberapa besar persentase peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Kualuh Selatan yang berjumlah 37 orang yang terdiri dari 25 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Objek penelitian ini adalah metode tutor sebaya. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk memaparkan lembar observasi dan kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang diperoleh siswa. Berdasarkan analisis data, (1) pembelajaran melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, (2) Hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 54,05% dengan nilai rata-rata 68,51 menjadi 89,19% dengan nilai rata-rata 81,24. Guru melakukan pendekatan kepada siswa yang kurang berpartisipasi dalam kelompok serta diarahkan agar bertanya kepada tutor atau menanggapi pernyataan tutor sehingga seluruh siswa bisa memahami materi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Sekolah Menengah Atas.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Matematika; Metode tutor sebaya; Metode pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 09:58 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26246 |