Nasution, Amanda Syahri and Wulan, Dwi Anjas (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI BENDA REALIA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Kemampuan kognitif anak usia dini sangat penting untuk dikembangkan terutama kemampuan untuk menghubungkan, menilai, mempertimbangkan sesuatu serta memecahkan masalah maupun menciptakan sebuah karya. Salah satu aspek penting dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia dini adalah kemampuan berhitung. Namun pada kenyataanya kemampuan berhitung pada anak usia dini masih
tergolong rendah. Karena itu, guru harus menggunakan benda realia sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengenalkan media benda realia pada anak usia dini, dan 2) untuk mengetahui kemampuan berhitung anak usia dini dibantu dengan menggunakan media benda realia Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal berjumlah 15 orang anak. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini dari siklus I dan siklus II. Persentase peningkatan siklus I dan siklus II kemampuan berhitung pada anak usia dini yaitu 12,23% untuk menghitung banyaknya benda realia dan 24,45% untuk menjumlahkan banyaknya benda realia. Indikator keberhasilan pada siklus II mencapai 80%. Dari hasil siklus II terlihatlah kemampuan berhitung anak usia dini meningkat dengan menggunakan benda realia.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Anak usia dini; Kemampuan berhitung; Benda realita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 09:39 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26245 |