Harahap, Arif Rahman Hakim (2017) HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X PEMASARAN SMKN 1 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131141010 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 7131141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 7131141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. NIM 7131141010 PREEFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 7131141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 7131141010 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 7131141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 7131141010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 7131141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM 7131141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 7131141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi dan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Pengantar Ekonomi Bisnis Siswa Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di jalan Sindoro No.1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas PM1 berjumlah 39 orang dan kelas PM2 berjumlah 37 orang dan total keseluruhan adalah 76 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP1 dan AP2 yang berjumlah 76 orang dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket dengan menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitas angket dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan korelasi sederhana dan korelasi berganda. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 22.00, diperoleh untuk hubungan motivasi (X1) dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai r sebesar 0,946 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai korelasi X1 dan Y menunjukkan taraf hubungan kategori sangat kuat. Sedangkan hasil yang diperoleh untuk hubungan disiplin belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai r sebesar 0,956 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai korelasi X2 dan Y menunjukkan taraf hubungan yang sangat kuat. Untuk hasil perhitungan uji determinan (R2) diperoleh koefisien R2 sebesar 94,4%, hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama memiliki hubungan dengan prestasi belajar sebesar 94,4% dan sisanya sebesar 5,6 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan penelitian dan perhitungan analisis data maka hipotesis yang mengatakan “Terdapat hubungan yang sangat kuat antara motivasi dan disiplin belajar dengan prestasi belajar pengantar ekonomi bisnis siswa kelas X pemasaran SMK negeri 1 Medan” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 065 |
Keywords: | Motivasi; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:26 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26238 |