Karim (2009) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SEI BINGAI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
071188130040 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
071188130040 Abstrak.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
071188130040 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
071188130040 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071188130040 Bab V.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
071188130040 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas kegiatan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi perencanaan pembelajaran, efektivitas kegiatan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi proses pembelajaran, efektivitas kegiatan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi evaluasi pembelajaran, efektivitas pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi terhadap peningkatan kemampuan guru-guru dan efektivitas pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajemen SD Negeri di Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas kegiatan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi perencanaan pembelajaran, (2) efektivitas kegiatan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi proses belajar mengajar, (3) efektivitas kegiatan pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi evaluasi pembelajaran, (4) efektivitas pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi terhadap peningkatan kemampuan guru-guru, (5) efektivitas pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi terhadap manajemen SD Negeri di Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat.Penelitian ini mencoba memusatkan kajian pada efektivitas pelaksanaan supervisi pengawas SD Negeri di Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat yang meliputi perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, peningkatan kompetensi guru-guru, dan manajemen SD.Melalui metode penelitian kualitatif peneliti sebagai human instrument ditemukan beberapa kesimpulan:Efektivitas pelaksanaan supervisi pengawas SD Negeri di Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat temyata belum efektif, hit terlihat dari: (1) kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran dalam hal ini penyusunan perangkat pembelajaran belum memadai, (2) kemampuan guru dalam proses belajar mengajar belum memadai seperti penggunaan metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran, (3) dalam evaluasi pembelajaran sebagian guru masih tidak menggunakan prosedur penilaian (4) sebagian guru belum memiliki kompetensi sesuai dengan standar kompetensi guru, (5) kemampuan guru yang masih kurang dalam manajemen sekolah seperti pengelolaan kelas dengan baikDan simpulan di atas dikemukakan rekomendasi yang penting sebagai berikut: (1) perlu peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, (2) peningkatan kemampuan guru dalam menentukan dan menggunakan metode dan media pembelajaran, (3) guru seharusnya melakukan prosedur penilaian dengan baik dan benar, (4) guru harus memiliki kompetensi yang memadai sesuai dengan standar kompetensi guru, (5) meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Kar e |
Keywords: | Pengawas; Supervisi; Pembelajaran; Kompetensi guru; Belajar mengajar; Manajemen sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 18:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2623 |