Ningsih, Kartika Ayu (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN TALKING STICK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131141023 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4131141023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 4131141023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 4131141023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 4131141023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM. 4131141023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7. NIM. 4131141023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
8. NIM. 4131141023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
9. NIM. 4131141023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
10. NIM. 4131141023 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 4131141023 BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
15. NIM. 4131141023. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di MAN 2 Model Medan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Kooperatif Tipe Talking Stick. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan yaitu sebanyak 10 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu Kelas Eksperimen I (XI IPA 4) dan Kelas Eksperimen II (XI IPA 8) masing-masing sebanyak 43 dan 41 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes sebanyak 25 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Talking Stick dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,009>1,985 pada taraf. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes sebesar 90,60 ± 7,30. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar 87,51 ± 6,88. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai postes siswa mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 065 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif; Make a match; Talking stick; Sistem ekskresi manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26220 |