Gea, Imelda Veronica (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.7133341114_SAMPUL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2.7133341114_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3.7133341114_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4.7133341114_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5.7133341114_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6.7133341114_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7.7133341114_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8.7133341114_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9.7133341114_BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13.7133341114_BAB V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
14.7133341114_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan T. P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kalas X IIS SMA Negeri 17 Medan dengan jumlah 122 orang. teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara Propotioned Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Sehingga jumlah sampel sebanyak 93 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner masing-masing sebanyak 25 item, kuisioner dinyatakan reliabel dengan dengan Alpha Cronchbach 0,894 untuk variabel efikasi diri dan 0,882 untuk variabel kompetensi sosial guru. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penenlitian ini yaitu Y=23, 528+0, 414X1+0, 350X2+e berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Apabila efikasi diri meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,414 persen dan apabila kompetensi sosial guru meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,350 persen. Pengujian secara parsial (Uji t) menunjukan nilai 4,899 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesisi 1, nilai 4,131 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2 dan uji F diperoleh nilai 47,169 dengan sig 0,000 untuk hipotesisi 3 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,512 atau 51,2 % dimana hal ini menunjukan besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel efikasi diri dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 51,2 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi, ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar, serta ada pengaruh postif dan signifikan antara efikasi diri dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 061 |
Keywords: | Efikasi Diri; Kompetensi Sosial Guru; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 11:23 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26204 |