Nugraha, Nova Bayu (2017) PENGARUH ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2015 DI PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7103341078 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 7103341078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
4. NIM. 7103341078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 7103341078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 7103341078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM. 7103341078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7103341078 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 7103341078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7103341078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 7103341078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 7103341078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar mahasiswa angkatan 2015 di program studi adminitrasi perkantoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh organisasi belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi mahasiswa, dosen dan prodi agar membentuk organisasi dalam belajar dan mahasiswa dapat termotivasi dalam belajar sehingga prestasi belajar yang dicapai dapat maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di Pendidikan Adminitrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan angkatan 2015 kelas Reguler A, B dan Ekstensi T.P 2017. Metode populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas adminitrasi perkantoran reguler A, B dan ekstensi yang terdiri atas 3 kelas ( 107 mahasiswa). Instrumen yang digunakan untuk mengukur organisasi dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 20 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (IPK) untuk variabel prestasi belajar mahasiswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji f.
Hasil analisis untuk variabel organisasi belajar terbukti reliabel untuk digunakan, dimana nilai rhitung > rtabel (0,905 > 0,312) dan nilai Cronbach's Alpha terletak di antara 0,80-1,00 sehingga tingkat reliabilitasnya dikategorikan pada taraf sangat tinggi. intstrumen penelitian untuk variabel motivasi belajar terbukti reliabel untuk digunakan, dimana nilai rhitung > rtabel (0,845 > 0,312) dan nilai Cronbach's Alpha terletak di antara 0,80-1,00 sehingga tingkat reliabilitasnya dikategorikan pada taraf tinggi. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 27,998 + 0,365X¹ + 0,375X². Secara Parsial menunjukan bahwa ada pengaruh organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar masing-masing sebesar 2.020 dan 2,100 dan uji F diperoleh uji Fhitung menunjukkan angka Fhitung = 58,545 > Ftabel = 3,18 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara organisasi dan motivasi belajar secara bersama - sama terhadap terhadap prestasi belajar mahasiswa ADP Angkatan 2015 Fakulas Ekonomi Unimed
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 042 |
Keywords: | ORGANISASI, MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 16:23 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26153 |