Sinaga, Jonggi HUBUNGAN ANTARA MINAT TERHADAP SEKOLAH KEJURUAN DAN SIKAP KERJA DENGAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5122121005 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
02. NIM 5122121005 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
03. NIM. 5122121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
04. NIM. 5122121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
05. NIM. 5122121005 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
06. NIM. 5122121005 TABELS.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
07. NIM 5122121005 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08.NIM 512121005 LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
09. NIM. 5122121005 CHAPTHER I.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
13. NIM. 5122121005 CHAPTHER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 5122121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Minat Terhadap Sekolah Kejuruan dan Sikap Kerja secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Menggambar Teknik siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan berjumlah 110 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 84 orang siswa kelas X yang ditentukan dengan metode proporsional random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Sekolah Kejuruan dan Sikap Kerja Siswa. Sedangkan untuk variabel Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar Teknik dijaring dengan menggunakan data dokumentasi. Jumlah instrumen angket Minat Sekolah Kejuruan sebanyak 40 pernyataan dan 33 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0,908 tergolong sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen angket Sikap Kerja Siswa sebanyak 40 pernyataan dan 33 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0,929 dan tergolong sangat tinggi. Hasil analisis hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara Minat Sekolah Kejuruan dengan Prestasi Belajar Menggambar Teknik sebesar rhitung > rtabel yaitu 0,551 > 0,214 dan besar (4,389 > 1,66) α =5. Terdapat korelasi antara Sikap Kerja dengan prestasi belajar menggambar teknik mesin dengan koifisien korelasi rhitung > rtabel yaitu 0,582 > 0,214 dan besar (6,487 > 1,66) α = 5. Terdapat korelasi secara bersama-sama antara minat sekolah kejuruan dan sikap kerja dengan prestasi belajar menggambar teknik dengan koifisien korelasi rhitung > rtabel yaitu 0,527 > 0,214, dengan Fh > Ft atau 45,111 > 3,109 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi antara variabel Minat sekolah kejuruan (X1) dan Sikap kerja (X2) dengan Prestasi Belajar Menggambar Teknik (Y) yaitu : Ŷ = 13,019+ 0,402 X1 + 0,307 X2 adalah berarti pada α = 5. Dengan demikian dapat diterima hipotesis: (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat sekolah kejuruan dengan Prestasi Belajar Menggambar Teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan. (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Sikap kerja dengan Prestasi Belajar Menggambar Teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan. (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat sekolah kejuruan dan Sikap kerja secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Menggambar Teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 058 |
Keywords: | Minat sekolah kejuruan; Sikap kerja; Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:01 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26135 |