Tampubolon, Sri Wahyuni (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE DI SMP SWASTA IMELDA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311018 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4133311018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM. 4133311018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4133311018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
5. NIM. 4133311018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
6. NIM. 4133311018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. NIM. 4133311018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4133311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4133311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
10. NIM. 4133311018 BAB I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM. 4133311018 BAB V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
15. NIM. 4133311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan model pembelajaran kooperratif tipe Think Pair Share pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Swata Imelda Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 136 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif kooperratif tipe Think Pair Share diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 34,375 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 25,368. Hasil uji t 2 arah dengan dk = 62 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,073 dan ttabel = 1,669 sehingga - ttabel < thitung < ttabel yaitu -1,669<2,073<1,669 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dengan model pembelajaran kooperratif tipe Think Pair Share pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Swata Imelda Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 071 |
Keywords: | Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal; Think Pair Share; Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:00 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26124 |