Safarudin (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 5 TAKENGON TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131131033 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 3131131033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 3131131033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 3131131033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM. 3131131033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 3131131033 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3131131033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3131131033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3131131033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
14. NIM. 3131131033 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
15. NIM. 3131131033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan atara motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa di kelas X SMA Negeri 5 Takengon tahun ajaran 2016/2017. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Takengon yang berjumlah berjumlah 120 siswa dengan sampel 25% dari total populsi, yaitu sebanyak 30 siswa yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan angket dan studi dokumenter. Adapun instrumen yang digunakan selanjutnya di uji, hasil dari uji instrument tersebut selanjutnya digunakan dalam penelitian. Data yang diperoleh dari hasil penelitian selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar geografi siswa di kelas X SMA Negeri 5 Takengon Tahun Ajaran 2016/2017 dengan koefesien korelasi sebesar 0,585. Selanjutnya harga rxy di interpretasikan dengan rtabel dari taraf signifikan α= 5% dengan jumlah responden (N) sebanyak 30 siswa sehingga diperoleh rtabel= 0,36, sehingga diperoleh nilai t hitung > t tabel (0,585 > 0,361). Adapun indeks hubungan atara kedua variable tergolong sedang karena berkisar pada 0,400 - 0,599 sesuai dengan Suharsimi Arikunto (2006). Kuatnya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi adalah sebesar 34,22%, sementara 65,78% ditentukan oleh variabel lain di luar variabel motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 053 |
Keywords: | Motivasi belajar; Hasil belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:00 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26121 |