Oktafiani, Veni (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA NUSANTARA LABUHAN RUKU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2131111056 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
02. NIM 2131111056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
03. NIM 2131111056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
04. NIM 2131111056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
05. NIM 2131111056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
06. NIM 2131111056 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
07. NIM 2131111056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
08. NIM 2131111056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
12.NIM 2131111056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM 2131111056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Labuhan Ruku tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 104 siswa. Dari 104 siswa, ditetapkan 35 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik porposive random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi sebelum menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 61,42, sedangkan kemampuan siswa menulis teks eksposisi sesudah menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,71. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,30 > 2,03 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media pembelajaran gambar berseri sangat efektiv dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2016/2017. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksposisi sesudah menggunakan media gambar berseri lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan media gambar berseri, proses pembelajaran sesudah menggunakan media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 119 |
Keywords: | Media Gambar Berseri, Menulis Teks Eksposisi, SMA Swasta Nusantara Labuhan Ruku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 15:12 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26099 |