Hutasoit, Ester (2017) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI MATA PELAJARAN PEMBENTUK MORAL (STUDI KASUS DI SMAN 1 PAGARAN KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131111010 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 3131111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. NIM. 3131111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3131111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM. 3131111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 3131111010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM. 3131111010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 3131111010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3131111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 3131111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 3131111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap
Pendidikan Kewarganegaraan sebagai mata pelajaran pembentuk moral (studi kasus
di SMA Negeri 1 Pagaran Kabupaten Tapanuli Utara). Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, disajikan dalam bentuk angket yaitu
teknik pengumpulan informasi dilakukan dengan cara menyusun daftar pernyataan
yang diajukan pada responden dari temuan-temuan yang ada dilapangan. Alat
pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan
angket (kuesioner) berjumlah 20 soal yang diisi oleh responden. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pagaran
Kabupaten Tapanuli Utara sebanyak 188 orang siswa dan sampel yang ditentukan
adalah 30% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 56 orang siswa yang diambil secara
acak sederhana atau random sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan rumus persentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa
terhadap pendidikan kewarganegaraan sebagai mata pelajaran pembentuk moral
(Studi Kasus Di SMAN 1 Pagaran Kabupaten Tapanuli Utara) dikategorikan dalam
golongan sedang berada diantara 51% - 70%. Persepsi siswa terhadap Pendidikan
Kewarganegaraan sebagai mata pelajaran pembentuk moral cukup baik dalam
mengembangkan pengetahuan dan kemampuan siswa untuk memahami, menghayati
dan menyakini nilai-nilai Pancasila sesuai dengan materi yang terkandung pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Siswa menyadari bahwa mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan tentang moral yang tidak hanya
memfokuskan pada aspek pengetahuan, namun aspek sikap dan keterampilan harus
serta terealisasikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 030 |
Keywords: | Persepsi Siswa, Mata Pelajaran PKn, Moral |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26087 |