Sianturi, Berliana (2017) PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA/I DI SMP NEGERI 1 PARANGINAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133311049 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 3133311049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
3. NIM. 3133311049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 3133311049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
6. NIM. 3133311049 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 3133311049 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3133311049 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 3133311049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 3133311049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 3133311049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan kewarganegaraan
sebagai wahana pendidikan multikultural dalam menumbuhkan sikap toleransi
siswa/i. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang
menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di
lapangan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Negeri 1 Paranginan yang terdiri
dari 20 kelas dengan jumlah siswa 614 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah
60 orang dengan mengambil 10% dari jumlah populasi, dimana setiap kelas
diambil 3 orang dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling).
Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik
sederhana yaitu data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan tabel
frekuensi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai peran pendidikan
kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan multikultural dalam menumbuhkan
sikap toleransi siswa-siswi SMP Negeri 1 Paranginan tergolong baik. Hal ini
dilihat dari jawaban responden yang memilih opsi A yang persentasenya 93,6%,
maka dapat dikatakan bahwa pendidikan sebagai wahana pendidikan multikultural
sudah berperan dengan baik dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa-siswi di
SMP Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 036 |
Keywords: | PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL, DAN SIKAP TOLERANSI |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:48 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26081 |