Putri, Andriana (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER BASED INTRUCTION (CBI) PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT KELAS X TATA KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133144003 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 5133144003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5133144003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM. 5133144003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM. 5133144003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 5133144003 TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM. 5133144003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM. 5133144003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 5133144003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM. 5133144003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM. 5133144003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran
Computer Based Intruction (CBI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Dasar Kecantikan Kulit. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam
penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran Dasar
Kecantikan Kulit kompetensi perawatan tangan (Manicure) yang didesain
menggunakan model pembelajaran Computer Based Intruction. Subjek penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Kecantikan Kulit yang berjumlah 32 siswa
di SMK Negeri 8 Medan. Langkah-langkah pengembangan model pembelajaran
Computer Based Intruction adalah sebagai berikut: 1) Tahap analisis kebutuhan
siswa dan guru, 2) Tahap perancangan, 3) Tahap pengembangan, 4) Tahap
validasi dan uji coba, 5) Tahap akhir produk model pembelajaran Computer Based
Intruction, kemudian diuji kelayakan dengan melakukan validasi dengan dosen
ahli materi berada pada kualifikasi Sangat Baik (88,7%); dosen ahli media
pembelajaran berada pada kualifikasi Sangat Baik (92,7), Komentar dan saran dari
hasil validasi digunakan untuk merevisi produk. Setelah model pembelajaran
dinyatakan layak, dilakukan uji coba kelompok kecil kepada 5 siswa dengan
kualifikasi Sedang (66%), uji coba kelompok sedang kepada 15 siswa dengan
kualifikasi Baik (75,7%), uji coba kelompok besar kepada 32 siswa dengan
kualifikasi Sangat Baik (87,8%).
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji efektifitas siswa berada pada
kualifikasi Sangat Baik (89,1%) dan uji efektifitas guru berada pada kualifikasi
Sangat Baik (93%), (2) Rata-rata nilai siswa sebelum diterapkan model
pembelajaran Computer Based Intruction berada pada kualifikasi Tidak Baik
(47,1%) setelah diterapkan model pembelajaran Computer Based Intruction
berada pada kualifikasi Baik (78,3%) Hasil belajar siswa meningkat (31,2%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 048 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER BASED INTRUCTION (CBI), PERAWATAN TANGAN (MANICURE) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:46 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 05:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26076 |