tanisya (2017) SEJARAH PENDIDIKAN DI KOTA PADANGSIDIMPUAN TAPANULI SELATAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3131121048 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM. 3131121048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. NIM. 3131121048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM. 3131121048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 3131121048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 3131121048 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 3131121048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
11. NIM. 3131121048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
12. NIM. 3131121048 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana sejarah pendidikan di Kota
Padangsidimpuan Tapanuli Selatan, yaitu dengan tiga masa yakni pada masa
pemerintahan Hindia Belanda, pada masa kependudukan Jepang, dan pada Masa
Kemerdekaan. Dengan adanya pendidikan pada masa pemerintahan Hindia
Belanda menjadi cikal bakal awal berkembangnya pendidikan di Kota
Padangsidimpuan Tapanuli Selatan dengan adanya Kweekschool
Padangsidimpuan.
Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, maka peneliti menggunakan
metode heuristik dengan menggunakan analisis sejarah, dengan jenis penelitian
lapangan (field research) dan juga kepustakaan (library research). Kemudian
tekhnik untuk megumpulkan data dilakukan dengan cara yang pertama studi
literatur dengan mengumpulkan buku-buku, artikel, maupun jurnal ilmiah yang
relevan dengan penelitian , kemudian observasi ke lokasi penelitian yaitu di
daerah Kota Padangsidimpuan, dengan melakukan wawancara dengan tokoh
pendidikan dan masyarakat Kota Padangsidimpuan.
Berdasarkan hasil penelitian perkembangan pendidikan di Kota Padangsidimpuan
Tapanuli Selatan tidak bisa lepas dari usaha yang dilakukan oleh Sati Nasution
(kelak dikenal dengan nama Willem Iskandar) pada tahun 1862 dengan
mendirikan sekolah guru (Kweekschool) di huta (kampung) Tanobato.
Perkembangan sekolah ini sangatlah pesat hingga Belanda melihat sebuah
peluang untuk memindahkan sekolah ini ke Padangsidimpuan pada tahun 1879,
sampai peralihan dari pemerintahan Hindia Belanda ke masa Kependudukan
Jepang perkembangan pendidikan pun berubah menjadi pendidikan yang sama
rata yaitu SR selama 6 tahun dan sebagian berbasis semi militer, hingga masa
awal kemerdekaan perkembangan pendidikan di kota ini pun jauh semakin pesat ,
hal ini ditandai dengan begitu banyaknya sekolah-sekolah yang berdiri dan awal
pendidikan formal yang dulunya dimulai dari sekolah dasar kini dimulai dengan
pendidikan taman kanak-kanak (TK). Dampak pendidikan terlihat jelas dalam
bidang sosial, budaya, dan ekonomi. Dengan pendidikan kehidupan sosial,
budaya, dan ekonomi masyarakat kota Padangsidimpuan Tapanuli Selatan
mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan lebih maju.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 SJRH 081 |
Keywords: | Pendidikan Padangsidimpuan, Sejarah Pendidikan |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 11:42 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 05:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26058 |