Silaban, Masihol Marito (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK BM SINAR HUSNI HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7131142021 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 7131142021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM 7131142021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 7131142021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 7131142021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 7131142021 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7131142021 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7131142021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7131142021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM 7131142021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 7131142021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa Kelas X AK SMK BM Sinar Husni Helvetia T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Helvetia yang beralamat di Jln Veteran Gg Utama Pasar V Helvetia Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 153 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X AK 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelas Kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling karena peneliti tidak dapat merubah kelas yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Problem Based Learning = 40,42 dan 70,83 dengan standar deviasi = 13,22 dan 11,68 dan nilai rata-rata pre test dan post test siswa yang menggunakan metode konvensional = 44,86 dan 55,97 dengan satandar deviasi = 13,55 dan 15,02. Hipotesis peneilitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 4,61 sedangkan ttabel 1,997 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu 4,61 > 1,997 . Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau dengan kata lain hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK BM Sinar Husni Helvetia T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 069 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Metode Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:29 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26037 |