Rijki, Susan Tiara (2017) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DAN UJIAN NASIONAL TAHUN 2011-2016 SMAN DAN MAN DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131141045 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4131141045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 4131141045 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM 4131141045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM 4131141045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 4131141045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 4131141045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4131141045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4131141045 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM 4131141045 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. NIM 4131141045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Biologi Kelas X Tahun Ajaran 2016/2017 dan soal Ujian Nasional Tahun 2011-2016 berdasarkan validitas soal, reliabilitas soal, daya pembeda soal, taraf kesukaran soal, dan ranah kognitif Taksonomi Blomm. Metode yang digunakan berdasarkan uji coba butir soal pilihan ganda kepada 136 siswa MAN 1 Medan. Hasil penelitian berdasarkan kemampuan siswa menjawab soal-soal tersebut adalah: (1) Dari 122 Soal UAS yang berasal dari 2 SMAN dan 2 MAN diperoleh 44% soal UAS tersebut yang tergolong valid, dan untuk soal UN dari 20 soal enam tahun terakhir diperoleh sebanyak 85%. (2) Tingkat reliabilitas dari 122 soal UAS sebesar 0. 33 dan soal UN sebesar 0. 41. Ini berarti keseluruhan soal belum reliabel. (3) Rata-rata daya beda soal UAS dari 122 soal diperoleh 49% yang tergolong kurang baik. Untuk soal UN rata-rata tergolong cukup dengan hasil 55%. (4) Rata-rata tingkat kesukaran soal UAS tergolong sedang dengan nilai persentase 51%. Begitu pula dengan soal UN dengan nilai persentase 70%. Hanya saja proporsi untuk setiap tingkat kesukaran soal belum proporsional. Karena mayoritas soal termasuk kategori sukar. (5) dari hasil ranah kognitif Taksonomi Bloom untuk soal UAS di peroleh C1 sebanyak 54% dan untuk soal UN juga sama sebanyak 50%. Maka dari hasil uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa soal UAS lebih sulit dijawab siswa dibandingkan soal UN, akan tetapi soal UN tergolong soal yang baik dan valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 057 |
Keywords: | Kualitas Soal; Soal UAS Ganjil; dan Soal UN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:29 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26033 |