Adlis, Nurul Khairani (2017) PENGARUH MODEL OPEN ENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
6. NIM. 7133142032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM. 7133142032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 7133142032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
1. NIM. 7133142032_COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 7133142032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4. NIM. 71331421032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM. 7133142032_BAB I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 7133142032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
12. NIM. 7133142032_BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM. 7133142032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model Open Ended Learning lebih inggi disbanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional siswa kelas XI Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan yang terletak di Jl. Veteran Gg Utama Pasar V Helvetia pada semester genap Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK BM Sinar Husni Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Purposive Random Sampling), yaitu kelas XI AK-3 sebagai kelas eksperimen dan XI AK-4 sebagai kelas kontrol, dan jumlah sampel yaitu 60 siswa dengan rincian kelas XI AK-3 30 siswa dan kelas XI AK-4 30 siswa, serta penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari menghitung skor mentah untuk tiap kelompok, mencari standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunaka Uji-t
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 41,73 dan 80,83 dengan standar deviasi pre test dan post test kelas eksperimen adalah 12,348 dan 11,375 Sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 40,3 dan 73,66 dengan standar deviasi pre test dan post test kelas kontrol adalah 13,64 dan 8,603. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan dk=n1+n2-2 pada taraf signifikan 95% dan α= 5% atau taraf nyata. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,72> 1,67. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model Open Ended Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi metode konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 133 |
Keywords: | MODEL OPEN ENDED LEARNING |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 12:03 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26009 |