Simanullang, Herdina Lastika (2017) PENGARUH KEGIATAN BELAJAR SAMBIL BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131171013_COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. NIM. 1131171013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM. 1131171013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 1131171013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM. 1131171013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
6. NIM. 1131171013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM. 1131171013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM. 1131171013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM. 1131171013_BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM. 1131171013_BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 1131171013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Kurangnya kemampuan mahasiswa mengatur waktu belajar dengan baik, 2. Kurangnya kemampuan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas perkuliahan tepat pada waktu, 3. Sulit bagi mahasiswa untuk meraih hasil yang memuaskan, 4. Kurangnya konsentrasi saat kuliah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan gambaran keberadaan mahasiswa Belajar Sambil Berwirausaha di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2.Untuk mengetahui adakah pengaruh mahasiswa Belajar sambil berwirausaha di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 3. Untuk Mengetahui Seberapa besar Pengaruh Kegiatan Belajar Sambil Berwirausaha Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Enceng Mulyana (2008 : 13) yang menegaskan bahwa Belajar (kuliah) sambil berwirausaha adalah sebagai suatu kegitan yang berkaitan dengan proses pembelajan dengan tujuan meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kemandirian mahasiswa, serta menurut (Yusnadi, dkk., 2010:25) bahwa “Belajar sambil berwirausah berfungsi sebagai alat perubahan sosial, secara alamiah ada tahapan-tahapan tertentu yang harus dilalui oleh sebuah kelompok.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Semua populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa yang belajar sambil berwirausaha. Alat yang digunakan pada teknik pengumpulan data adalah angket, teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji hipotesis (uji t.
Berdasarkan pengolahan data dengan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi linier adalah ̂= 0,159+0,952x. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai ( )> (1,697). Artinya Ha (Hipotesis) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat “Semakin baik pengelolaan kegiatan belajar sambil berwirausaha maka semakin tinggi tingkat hasil belajar mahasiswa fakultas ilmu pendidikan di universitas negeri medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 062 |
Keywords: | Berwirausaha, Hasil Belajar, Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 12:03 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 05:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26004 |