Fadlah, Fauziah and Nurmayani (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD. Elementary School Journal, 02 (01). pp. 85-96. ISSN 2355-1747
Reviewer.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada materi pokok peristiwa alam beserta dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi pokok Peristiwa Alam Beserta Dampaknya dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share di kelas V-a SD Negeri 101771 Tembung T.A. 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil observasi bahwa pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 36 orang siswa, ada 10 siswa yang termotivasi dengan persentase (28%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 22 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (61%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 30 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (83%). Sedangkan hasil penyebaran angket bahwa pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 36 siswa, ada 5 orang siswa termotivasi dengan persentase (14%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 23 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (64%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 31 orang siswa yang termotivasi dengan persentase (86%).
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Think pair share; Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 09:39 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25995 |