Sianturi, Vania Grace (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341088 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 7133341088 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM 7133341088 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4. NIM 7133341088 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM 7133341088 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6 NIM 7133341088 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 7133341088 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7133341088 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 7133341088 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM 7133341088 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM 7133341088 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya interaksi sosial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal terhadap interaksi sosial siswa pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.A. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 133 orang dan sampel berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal berupa angket yang berjumlah 23 soal untuk masing-masing variabel. Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F). Setelah uji validatas, maka terdapat 18 soal variabel X1 yang valid, 21 soal variabel X2 yang valid dan 16 soal variabel Y yang valid. Namun dalam pelaksanaan penelitian, peneliti hanya menggunakan 15 soal yang valid sebagai instrumen penelitian dari masing-masing variabel. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,881 > 0,361untuk penggunaan kecerdasan emosional, 0,875 > 0,361untuk komunikasi interpersonal dan 0,799 > 0,361untuk penggunaan interaksi sosial. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 7,286 + 0,441 X1 + 0,349 X2. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap interaksi sosial dengan nilai t_hitung > t_tabel (6,194 > 2,042) dan ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap interaksi sosial siswa dengan nilai t_hitung > t_tabel (3,226 > 2,042). Sedangkan untuk uji F diperoleh bahwa kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap interaksi sosial dengan nilai F_hitung > F_tabel (55,799>3\,32).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 053 |
Keywords: | Kecerdasan emosional; Komunikasi interpersonal; Interaksi sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25950 |