Perangin Angin, Joys Prima (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 1 KABANJAHE T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121029 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4123121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM 4123121029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM 4123121029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM 4123121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 4123121029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4123121029 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4123121029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM 4123121029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM 4123121029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM 4123121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi kelas X SMA Negeri 1 Kabanjahe T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabanjahe yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X-MS3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X-MS5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen. Dari data penelitian diperoleh nilai rata–rata pretes kelas eksperimen adalah 49,85 dan nilai rata–rata pretes kelas kontrol adalah 49,26. Dari uji normalitas dan uji homogenitas data pretes untuk kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan yang berbeda kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari hasil postes diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 76,32 dan nilai rata–rata postes untuk kelas kontrol 65,29. Dari hasil uji t diperoleh thitung= 5,04 sedangkan ttabel=1,669. Karen thitung > ttabel maka hipotesis altenatif (Ha) diterima, artinya hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMA Negeri 1 Kabanjahe T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 105 |
Keywords: | Quasi eksperimen; Konvensional; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:41 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25944 |