Siahaan, Irene Juliani (2017) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141037 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7133141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
3. NIM. 7133141037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM. 7133141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 7133141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
6. NIM. 7133141037 TABLES.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
7. NIM. 7133141037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7133141037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM. 7133141037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13 NIM. 7133141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14 NIM. 7133141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarpengaruh literasi ekonomi dan pengendalian diriterhadap pengelolaan keuangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Negeri Medan T.A 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 orang mahasiswa dengan cara teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara test, angket, dan dokumentasi. Uji validitas angket dengan mengggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan menngunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menngunakan uji t dan uji F. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 18,701 + 7,638 (0) + 2,710 (1) + 0,559(GH) + e. Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,418 yang berarti sebesar 41,8% variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing- masing variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. Variabel X1 dengan perhitungan Dummy diperoleh thitung > ttabel yaitu ( 2,273> 1,667) dan variabel X2 diperoleh thitung> ttabel yaitu ( 6,488 > 1,667). Sedangkan untuk uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel X1 dan X2 berpengarug positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu (16,039 > 3,13).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 035 |
Keywords: | Literasi ekonomi; Pengendalian diri; Pengelolaan keuangan |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25913 |