PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2016/2017

Prasetyo, Joko (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133121021 COVER.PDF]
Preview
Text
1. NIM. 4133121021 COVER.PDF - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133121021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133121021 BIOGRAPHY.PDF]
Preview
Text
3. NIM. 4133121021 BIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133121021 ABSTRACT.PDF]
Preview
Text
4. NIM. 4133121021 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133121021 PREFACE.PDF]
Preview
Text
5. NIM. 4133121021 PREFACE.PDF - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133121021 TABLE OF CONTENTS.PDF]
Preview
Text
6. NIM. 4133121021 TABLE OF CONTENTS.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133121021 ILLUSTRATION.PDF]
Preview
Text
7. NIM. 4133121021 ILLUSTRATION.PDF - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133121021 TABLE.PDF]
Preview
Text
8. NIM. 4133121021 TABLE.PDF - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133121021 APPENDICES.PDF]
Preview
Text
9. NIM. 4133121021 APPENDICES.PDF - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4133121021 CHAPTER I.PDF]
Preview
Text
10. NIM. 4133121021 CHAPTER I.PDF - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133121021 CHAPTER V.PDF]
Preview
Text
14. NIM. 4133121021 CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4133121021 BIBLIOGRAPHY.PDF]
Preview
Text
15. NIM. 4133121021 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P. 2016/ 2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT) dan kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Jumlah siswa di masing-masing kelas adalah 30 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa test objektif sebanyak 15 soal, observasi aktivitas, sikap dan keterampilan siswa. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT) diperoleh rata-rata Pre-test 39,78 dan nilai rata-rata Post-test 79,56. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 42 dan rata-rata Post-test 69,78. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 4,7443 sedangkan ttabel adalah 2,0021 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT) secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 086
Keywords: Model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT); Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Aug 2017 13:48
Last Modified: 28 Aug 2017 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25888

Actions (login required)

View Item
View Item