Prasetyo, Joko (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121021 COVER.PDF - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4133121021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3. NIM. 4133121021 BIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 4133121021 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM. 4133121021 PREFACE.PDF - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM. 4133121021 TABLE OF CONTENTS.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4133121021 ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM. 4133121021 TABLE.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 4133121021 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (58kB) | Preview
10. NIM. 4133121021 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM. 4133121021 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (205kB) | Preview
15. NIM. 4133121021 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P. 2016/ 2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT) dan kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Jumlah siswa di masing-masing kelas adalah 30 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa test objektif sebanyak 15 soal, observasi aktivitas, sikap dan keterampilan siswa. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT) diperoleh rata-rata Pre-test 39,78 dan nilai rata-rata Post-test 79,56. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 42 dan rata-rata Post-test 69,78. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t postes thitung adalah 4,7443 sedangkan ttabel adalah 2,0021 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung > ttabel. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT) secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 086 |
Keywords: | Model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode Whole Brain Teaching (WBT); Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:48 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25888 |