Sihombing, Marni (2017) PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN KONDISI EKONOMI ORANGTUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XI SMA NEGERI 1 PARBULUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7131141068 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02. NIM 7131141068 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
03. NIM 7131141068 PREPACE.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
04. NIM 7131141068 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
05. NIM 7131141068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
06. NIM 7131141068 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 7131141068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 7131141068 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 713114068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13. NIM 7131141068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
14. NIM 7131141068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hal ini disebabkan oleh rendahnya prestasi belajar siswa dan rendahnya kondisi ekonomi orangtua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh prestasi belajar siswa dan kondisi ekonomi orangtua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parbuluan, yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja Km.20 Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Perhitungan Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Secara Parsial (Uji t), Pengujian Hipotesis Secara Simultan (Uji F), dan Menguji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan nilai nilai t hitung > nilai t tabel ( 2,264 > 1,663). Variabel kondisi ekonomi orangtua berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan nilai thitung> ttabel ( 9,885> 1,663). Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara prestasi belajar (X1) dan kondisi ekonomi orangtua (X2) terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi (Y) dengan nilai F hitung>F tabel (60,526 > 2,72). Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,559 atau 60%. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan prestasi belajar dan kondisi ekonomi orangtua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi kelas XI SMA Negeri 1 Parbuluan SMA Negeri 1 Parbuluan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 045 |
Keywords: | Prestasi Belajar; Kondisi Ekonomi Orangtua; Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25887 |