Nasution, Nazlah Hanim (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341034 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 713341034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 7133341034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM. 7133341034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 7133341034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
6. NIM. 7133341034 TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 7133341034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 7133341034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9. NIM. 7133341034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM. 7133341034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
14. NIM. 7133341034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua yang beragam serta minat belajar yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap prestasi belajar kelas X IIS SMA Negeri 1 Pancur Batu T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspos facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS yang berjumlah 182 dan sampel yang diambil sebanyak 55 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Dari hasil perhitungan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 46,355 + 0,208 X1+ 0,210 X2+e. Selanjutnya pola asuh orangtua (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu (3,724 > 1,675), dan taraf α < 0,05 (0,000<0,05). Sementara minat belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai (3,613 > 1,675) dan taraf α <0,05 (0,001 < 0,05). Secara bersama - sama pola asuh orangtua dan minat belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung > f tabel (49,278 >3,18), dan taraf α < 0,05 (0,000< 0,05). Persentase sumbangan pengaruh pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 65,5%. Pola asuh orangtua yang yang baik akan menumbuhkan minat belajar siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajar sehingga menghasilkan siswa yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 043 |
Keywords: | Pola asuh orangtua; Minat belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25882 |