Astari, Lady (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIK KELAS XI DI SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133121029 COVER.PDF - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. 4133121029 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. 4133121029 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. 4133121029 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. 4133121029 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. 4133121029 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. 4133121029 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. 4133121029 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. 4133121029 BAB I.PDF - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. 4133121029 BAB V.PDF - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. 4133121029 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning berbasis metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamik di kelas XI di SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan disain two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Swasta Dharmawangsa Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI MIA-4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI MIA-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berbentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasi sebelumnya oleh 3 orang validator. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t setelah uji prasyarat dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 30,67 dan kelas kontrol adalah 34,67. Dari data diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji t dua pihak, dengan thiung = 1,8 dan ttabel = 2,002, karena thiung < ttabel maka dapat dianggap kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah itu diberikan perlakuan, di kelas eksperimen di ajarkan dengan model Cooperative Learning berbasis metode Discovery Learning dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional model klasikal. Di akhir pembelajaran dilakukan posttest dengan nilai rata-rata di kelas eksperimen 69,17 dan nilai rata-rata di kelsa kontrol 56,5. Kemudian dilakukan uji t satu pihak, di peroleh thiung = 4,83 dan ttabel = 2,002 dengan ∝=0,05 dan dk = 58, karena thiung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model cooperative learning dengan metode discovery learning lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional pada materi pokok fluida dinamik di kelas XI di SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 081 |
Keywords: | Cooperative Learning berbasis metode discovery learning; Hasil belajar; Fluida dinamik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25874 |