Husna, Nurul (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP[ HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121046 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 4123121046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 4123121046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4123121046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM. 4123121046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4123121046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4123121046 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 4123121046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM. 4123121046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
13. NIM. 4123121046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM. 4123121046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui hasil belajar pengetahuan konseptual siswa menggunaklan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, 2) mengetahui hasil belajar pengetahuan konseptual siswa menggunakan pembelajaran konvensional, 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 20 item. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 34,00 dan kelas kontrol adalah 33,43 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 78,86 termasuk kategori cukup atau lulus KKM dan kelas kontrol adalah 74,57 termasuk kategori cukup atau tidak lulus KKM. Peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual sebesar 5,75 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 079 |
Keywords: | Group investigation; pengetahuan konseptual; Usaha; Energi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25870 |