Barus, Eviyona L. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321038 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133321038 APPROVAL SHEE.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3. NIM 4133321038 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 4133321038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM 4133321038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM 4133321038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM 4133321038 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4133321038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM 4133321038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM 4133321038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
14. NIM 4133321038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
15. NIM 4133321038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas X Semester II SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.P. 2016/2017” dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Latihan Inkuiri dan pembelajaran konvensional, serta mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Latihan Inkuiri. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 butir dan lembar aktivitas belajar. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MIA3 dan kelas kontrol X MIA1 yang berjumlah masing-masing 37 siswa. Hasil pretest kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 37.70 dan kelas kontrol 36.89. Hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji normalias, uji homogenitas, dan uji t dua pihak, sehingga diperoleh data Lhitung < Ltabel (0.1314 < 0.1457) sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal dan Fhitung < F ( 1.88 < 1.99) maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen. Penelitian diakukan dengan memberikan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Latihan Inkuiri sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil postest kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 73.24 dan kelas kontrol sebesar 70.94. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa diketahui rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I adalah 65,07%, pertemuan II adalah 70,23%, dan pertemuan III adalah 79,40%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh Ha diterima, H0 ditolak sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Latihan Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 077 |
Keywords: | Model Pembelajaran Latihan Inkuiri; Hasil belajar; Pembelajaran konvensional; Usaha dan Energi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 14:00 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25862 |