Ahyana (2017) PENGARUH MEDIA PLAY DOUGH TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NURHAYATI JALAN BERSAMA NO.5 BANTAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
03. ABSTRAK AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
05. DAFTAR ISI AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. BAB I AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. BAB V AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA AHYANA NIM 1133371024.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan media yang belum tepat dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini dan tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana pengauh media play dough terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 Tahun di RA Nurhayati Jalan Bersama No.5 Bantan Medan Tembung Kota Medan. Menurut Rahmawati (2013:40) bermain play dough sangat menyenangkan. Anak dapat belajar meremas, menggulung, atau mencetak berbagai bentuk sesuai dengan imajinasi mereka. Jari-jari menjadi lentur, sehingga motorik halusnya semakin terlatih.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design, dimana populasinya adalah seluruh anak RA Nurhayati Medan Tembung Kota Medan tahun Ajaran 2016-2017 dengan jumlah 52 orang dan kelas samplenya 26 orang dengan kelas B1 sebagai kelas kontrol dan 26 orang dengan kelas B2 sebagai kelas eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan dengan uji t dengan taraf nyata α= 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 2,94 dan ada kelas kontrol 2,42. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesisi diperoleh t_(hitung )>t_(tabel )yaitu 3,880> 1,708 pada taraf nyata α = 0,05. Dengan demikian media play dough berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak di RA Nurhayati jalan Bersama No.5 Bantan Medan Tembung Kota Medan TA 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 033 |
Keywords: | Media Play Dough; Kemampuan Motorok Halus Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 15:52 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25835 |