Maha, Devi Tasari (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111015 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 1133111015 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
3. NIM. 1133111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM. 1133111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM. 1133111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM. 1133111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1133111015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8. NIM. 1133111015 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 1133111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
10. NIM. 1133111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
14. NIM. 1133111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
15. NIM. 1133111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Quizpada mata pelajaran IPA di kelas V SD dengan materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V-A SD Negeri 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 13 orang anak perempuan dan 16 orang anak laki-laki sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi kegiatan guru dan angket motivasi siswa. Hasil penelitian yang diperoleh selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa baik secara individu maupun klasikal. Pada kondisi awal terdapat 10 orang siswa dengan rata-rata kelas 34,48% yang memperoleh kriteria baik dan sangat baik. Pada siklus I pertemuan I terdapat 11 orang siswa dengan rata-rata kelas 37,93% yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik, pada siklus I pertemuan II terdapat 13 orang siswa yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik dengan rata-rata kelas 44,82%. Pada siklus II pertemuan terdapat 20 orang siswa dengan rata-rata 68,96% yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik. Pada siklus II pertemuan II terdapat 25 orang siswa dengan rata-rata kelas 86,20% yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat dijadikan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 208 |
Keywords: | Motivasi belajar siswa; Model pembelajaran team quiz |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 15:50 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25822 |